CIRI-CIRI FLASH DISC PALSU

Dewasa ini, kehadiranflashdisk sebagai media penyimpanan menyingkirkan disket yang lebih dulu ada, selain itu juga lebih diminati ketimbang CD-ROOM karena kepraktisannya. ‘Jual flashdisk murah diobral’ pun tak sedikit terlihat menghiasi bagian depan atau header toko komputer, laptop ataupun aksesoris dari keduanya. Mereka membuatnya sebagaiteaser agar calon konsumen melirik dan akhirnya beli di toko mereka. Sah-sah saja hal itu dilakukan, tapi sebagai pembeli yang cerdas, kita harus cermat dan teliti agar tak tertipu dengan flashdisk palsu yang akhir-akhir ini marak beredar.
flashdisk asli palsu kingston, toshiba, sandisk, winstoon

perbandingan flashdisk kingston asli dan palsu / santrinulis.com
Ciri-ciri Flashdisk Palsu :
  1. Posisi flashdisk. Saat dicolok, flashdisk ori posisinya lurus dan tegas, tetapi tidak untuk flashdisk palsu, saat dicolok posisinya sedikit bengkok ke bawah / tidak lurus.
  2. Kapasitas Flashdisk. Pada flashdisk KW (palsu), kapasitas yang tertera di kemasan tidak sesuai dengan kapasitas asli flashdisk. Misal di kemasannya tertulis 16 GB, tapi setelah dicek di komputer (klik kanan properties), ternyata hanya berkapasitas 2 GB saja.
  3. Proses Pengiriman Data. Pada flashdisk original, kecepatan pengiriman datanya cenderung selalu stabil, sehingga lebih cepat. Lain halnya pada flashdisk KW, proses pengiriman datanya sangat dinamis, kadang cepat, kadang lambat.
  4. Harga. Flashdisk palsu pasti harganya jauh lebih murah dari yang asli. Saya pernah beli flashdisk 16GB seharga 100rb. Nggak tahu ini asli atau palsu, waktu itu belum berpengalaman, jadi nggak merhatiin ciri-cirinya. Dan saya pun lupa naruhnya dimana, mungkin juga udah saya buang. Yang jelas, baru beberapa bulan menggunakannya, tahu-tahu rusak, padahal memakainya juga tidak sembarangan, lumayan dirawat.
  5. Data Mudah Rusak. Seringkali data-data yang disimpan dalam flashdisk KW mudah rusak sendiri, folder-folder penyimpanan berubah jadi huruf nggak jelas, data hilang sebagian, data eror. Baca juga : Tips Merawat Flashdisk Agar Awet

  6. Sulit Dideteksi. Ketika baru pertama kali nyolok flashdisk di laptop atau komputer, pasti akan terjadi proses perkenalan device. Paling lama 20 detiklah, seharusnya flashdisk sudah terdeteksi. Lain halnya dengan flashdisk palsu, butuh waktu berkali-kali colok untuk mendeteksinya, karena terkadang satu kali colok belum terdeteksi.
  7. Garansi. Para penjual flashdisk KW biasanya tidak mau memberi garansi pada produknya. Jadi kalau rusak, kamu harus beli lagi. Lain halnya dengan flashdisk asli, garansi vendor (pabrik) akan diberikan dalam beberapa bulan, bahkan tahun.

Dengan membaca artikel ini, semoga bisa membantu kamu yang lagi bimbang membeli flashdisk, sehingga bisa lebih teliti dan tidak tertipu, karena USB Flashdisk abal-abal ini sudah mampu meniru merk-merk flashdisk terkenal seperti kingston, sandisk, toshiba, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat, mungkin kamu mempunyai pengalaman lain seputar flashdisk palsu ini?

About YONDY

LET'S LEARN ENGLISH
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s